Ravemaster88’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Manipulasi Langsung dan Lingkungan Maya

Manipulasi Langsung

  • Representasi visual dari “dunia aksi” :

–          Objek dan aksi terlihat.

–          Mengundang pemikiran analogis.

  • Aksi yang cepat, incremental, dan dapat dilibatkan.
  • Mengetik diganti dengan menunjuk dan memilih.
  • Hasil aksi langsung terlihat.

Kelebihan manipulasi langsung

  • Kompatibilitas kendali dan tampilan.
  • Lebih sedikit sintaks, karena itu tingkat kesalahan berkurang.
  • Lebih banyak pencegahan kesalahan.
  • Lebih cepat dipelajari dan lebih mudah diingat.
  • Mendorong penjelajahan.

Kekurangan manipulasi langsung

  • Memakan lebih banyak sumber daya system.
  • Beberapa aksi menyusahkan.
  • Teknik makro sering lemah.
  • Sulit dicatat dan ditelusuri.
  • Sulit digunakan oleh pemakai yang penglihatannya terganggu.

Contoh sistem manipulasi langsung :

1.      Command-line vs Display Editor vs Word Processors

  • Dengan display editor kinerja meningkat dan waktu belajar berkurang.
  • Word processor bersifat WYS/WYG.

Kelebihan WYS/WYG word processor :

–          Menampilkan sehalaman penuh teks.

–          Menampilkan dokumen dalam bentuk sebagaimana akan terlihat pada bentuk cetakan.

–          Menampilkan aksi kursor yang terlihat.

–          Mengendalikan kursor dengan cara yang jelas secara fisik dan alami intuitif.

–          Menggunakan iko berlabel.

–          Menampilkan hasil aksi segera.

–          Memberikan respons dan tampilan yang cepat.

–          Memungkinkan aksi dibatalakan.

Command Line

Command Line

Word Processor

Word Processor

Teknologi yang diturunkan dari pengolah kata

  • Integrasi grafik, spreadsheet, animasi, foto.
  • Desktop publishing software, Adobe PageMaker, Corel Ventura.
  • Slide-presentation software, Microsoft PowerPoint.
  • Hypermedia environments, WWW, HyperCard.

    Adobe PageMaker

    Adobe PageMaker

2.      Spreadsheet

  • Lembar kerja yang menampilkan data yang dapat dimanipulasi dalam bentuk kolom dan baris.
  • Mendukung formula, makro, grafik.

Contoh :

VISICALC, Microsoft Excel, Lotus 1-2-3, Lotus Improv.

Spreadsheet

Spreadsheet

3.      Spatial Data Management

  • Representasi spasial dalam bentuk peta.
  • Digunakan dalam system informasi geografis.

Contoh :

ArcView GIS dari ESRI, Inc.

ArcView GIS

ArcView GIS

4.      Video Games

  • Bidang aksi visual yang membangkitkan minat.
  • Perintah berupa aksi fisik dan hasilnya langsung terlihat.
  • Kini berkembang pada PC maupun mesin game seperti Sony Playstation 1-2-3, bahkan handphone.

5.      Computer-Aided Design (CAD)

  • Untuk merancang mobil, rangkaian elektronik, arsitektur, pesawat terbang.
  • Aplikasi ini menyenangkan untuk digunakan karena objek yang diinginkan dapat dimanipulasi secara langsung.

    CAD

    CAD

6.      Office Automation

  • System office automation dewasa ini menggunakan prinsip-prinsip manipulasi langsung.

Contoh : GUI, Windows, Mac OS.

GUI

GUI

Masalah – masalah dengan manipulasi langsung :

–          Representasi visual atau visual dapat terlalu menyebar.

–          Pemakai harus mempelajari arti komponen-komponen representasi visual.

–          Representasi visual dapat menyesatkan.

–          Mengetik perintah di keyboard bisa lebih cepat.

Pemikiran Visual dan ikon

Ikon adalah gambar atau symbol yang mewakili suatu konsep. Arah baru pemikiran visual : WIMP (Windows, Icon, Mouse, Pull-down menu).

Icon

Icon

Pedoman perancangan ikon :

–          Representasikan objek atau aksi dengan cara yang dikenal.

–          Batasi jumlah ikon yang tampil.

–          Buat agar ikon jelas terlihat dari latar belakangnya.

–          Pertimbangkan ikon tiga dimensi, menarik tapi bisa mengalihkan perhatian.

–          Pastikan ikon yang terpilih jelas ketika dikelilingi yang tidak terpilih.

–          Pastikan ikon dapat dibedakan dari yang lain.

–          Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon.

–          Rancang animasi pergerakan ikon.

–          Tambahkan informasi rinci.

–          Pikirkan penggunaan kombinasi ikon untuk menciptakan objek atau aksi baru.

Manipulasi Langsung Remote

Arsitektur lingkungan manipulasi langsung remote mempunyai beberapa factor komplikasi :

–          Penundaan waktu

a.       Penundaan transmisi.

b.      Penundaan operasi.

–          Umpan balik yang tidak lengkap.

–          Umpan balik dari berbagai sumber.

–          Interferensi yang tidak diantisipasi.

Direct Manipulation Remote

Direct Manipulation Remote

Lingkungan Maya

Virtual reality adalah lingkungan buatan yang diciptakan dengan hardware dan software dan dipresentasikan kepada pemakai dengan cara sedemikian sehingga lingkungan tersebut tampil dan terasa seperti lingkungan asli.

  • Augmented reality, dunia nyata dengan lapisan tambahan informasi.
  • Situational awareness, informasi tentang dunia nyata disekitar pemakai dengan mendeteksi pergerakan dan lokasi.
    Virtual Reality

    Virtual Reality

    Virtual Reality

    Virtual Reality

November 5, 2008 - Posted by | Computer Science

No comments yet.

Leave a comment