Interaksi Manusia dan Komputer
Definisi Intraksi manusia dan komputer adalah : disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta studi fenomena-fenomena besar yang berhubungan dengannya.
Tujuan dari Rekayasa sistem adalah:
1. Tujuan tingkat tinggi yaitu membuat kualitas hidup pemakai lebih baik memang penting untuk diingat.
2. Desainer ingin membuat sistem interaktif berkualitas tinggi yang dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru.
3. Kita perlu bergerak lebih dalam dari sekadar gagasan “user-friendly”.
4. Fungsionalitas yang semestinya.
5. Kehandalan, ketersediaan, keamanan, dan integritas data.
6. Standardisasi, integrasi, konsistensi, dan portabilitas.
7. Penjadualan dan anggaran.
Tujuan Perancangan Antarmuka Pemakai adalah :
1. Penentuan sasaran masyarakat pemakai dan tugas-tugasnya sangat penting.
2. Desain yang baik bagi komunitas yang satu bisa tidak sesuai bagi komunitas lainnya.
3. Desain yang efisien bagi sekumpulan tugas dapat tidak efisien bagi kumpulan lainnya.
Lima Faktor Manusia Terukur:
1. Faktor-faktor ini menjadi pusat evaluasi:
- Waktu belajar: berapa lama orang biasa mempelajari cara relevan untuk melakukan suatu tugas?
- Kecepatan kinerja: berapa lama suatu tugas dilakukan?
- Tingkat kesalahan: berapa banyak kesalahan dan kesalahan-kesalahan apa saja yang dibuat pemakai?
- Daya ingat: bagaimana kemampuan pemakai mempertahankan pengetahuannya setelah jangka waktu tertentu?
- Kepuasan subjektif: bagaimana kesukaan pemakai terhadap berbagai aspek sistem?
Motivasi bagi Faktor Manusia dalam Perancangan:
2. Minat yang besar terhadap faktor manusia pada sistem interaktif muncul dari kesadaran betapa buruknya rancangan banyak sistem yang ada sekarang.
3. Empat sumber utama keprihatinan ini:
- Sistem yang kritis bagi kehidupan
- Pemakaian industri dan komersial
- Aplikasi kantor, rumah, dan hiburan
- Sistem eksplorasi, kreatif, dan kerja sama
Sistem yang Kritis bagi Kehidupan:
1. Contoh: kendali lalu-lintas udara, reaktor nuklir, pembangkit listrik.
2. Biaya tinggi, asalkan kehandalan dan keefektifan tinggi.
3. Waktu pelatihan lama dapat diterima asalkan kinerja cepat dan bebas kesalahan.
4. Kepuasan subjektif tidak dipermasalahkan karena pemakai bermotivasi tinggi.
5. Ingatan diperoleh dari seringnya penggunaan dan latihan.
Tujuan Profesi IMK:
1. Mempengaruhi peneliti akademis dan industri.
2. Menyediakan alat-alat bantu, teknik-teknik, dan pengetahuan untuk implementor sistem.
3. Meningkatkan kesadaran akan komputer kepada masyarakat awam.
No comments yet.
| Next »
-
Archives
- November 2008 (6)
-
Categories
-
RSS
Entries RSS
Comments RSS
Leave a comment